Pages

Labels

Antivirus (6) Artikel (11) Film (7) Games (1) Musik MP3 (5) Software (18) Tutorial Blog (3) Windows (3)

Friday, February 28, 2014

Smartphone Akan Bisa Dirakit Sendiri Seperti PC Pada Tahun 2015


Di 2015, smartphone akan bisa dirakit sendiri seperti PC
Selama ini, salah satu masalah utama yang dihadapi oleh pengguna smartphone adalah spesifikasi perangkat yang kadang tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Ada beberapa smartphone dengan harga murah namun spesifikasi kurang, begitu pula sebaliknya.

Google ternyata menyadari hal ini, mereka pun mulai bergerak dengan Project Ara. Proyek ini bukan sembarangan, tujuannya agar membuat smartphone lebih terjangkau dan pas di tangan penggunanya.



Google berpendapat bahwa pengguna-lah yang seharusnya menentukan spesifikasi smartphone sesuai dengan kebutuhan mereka, mulai dari komponen hingga kualitasnya. Dengan begitu, harga jualnya pun sesuai dengan spesifikasi yang mereka pilih, bukan atas permainan pasar yang selama ini berlaku.

Untuk melancarkan misi ini, Google kemudian meminta Motorola, yang saat itu masih jadi anak perusahaannya, untuk mengemban tugas membuat smartphone modular. Hal ini ditandai denganpembuatan eksoskeleton atau frame utama yang mampu menyimpan bermacam modul mulai dari prosesor, baterai, hingga memori. Semua modul ini tentunya disediakan dalam berbagai besaran tergantung selera penggunanya.

"Tujuan kami adalah untuk membuat hubungan yang lebih bermakna, ekspresif, dan terbuka antara pengguna, pengembang, dan ponselnya. Caranya dengan memberikan kekuatan yang Anda inginkan, seperti apa bentuknya, dan dari bahan apa atau berapa harganya, dan bagaimana Anda dapat menggunakannya," tulis Motorola dalam blognya.

Sayang, karena alasan bisnis, Motorola kemudian dijual pada Lenovo . Namun, Project Ara ternyata tidak ikut dijual dan tetap dikembangkan oleh Google.
Proyek ini sendiri tidak hanya dilakukan oleh Google saja. Phonebloks dan ZTE masing-masing juga mengeluarkan prototype smartphone modularnya sendiri meski belum diketahui kapan akan dirilis.

Belakangan proyek ini kembali jadi buah bibir setelah Google mencanangkan untuk merilisnya pada 2015. Hingga, besar kemungkinannya Anda bisa memiliki smartphone yang bisa dibongkar pasang seperti komputer pada tahun itu.

No comments:

Post a Comment